Minggu, 15 Mei 2011

PELUANG PASAR PRODUK INDONESIA

PELUANG PASAR PRODUK INDONESIA DI AUSTRALIA

Strategi Memasuki Pasar Australia
Produk
Survey Pasar dan Identifikasi Selera Konsumen
Cara Pengemasan Produk
Pemilihan Segmen Pasar
Kualitas yang Memuaskan dan Pengiriman Tepat Waktu
Harga
Metoda penawaran harga jual
Penetapan harga jual
Promosi
Promosi Melalui Media Masa
Promosi melalui Pameran Internasional
• Makanan dan Minuman
• Textile, Produk Pakaian, Sepatu (Textile, Clothing and Footwear/TCF)
• Giftware, Homeware and Furniture
• Furniture
• Building Materials
• Gift
• Kertas dan Produk Kertas
• Jewellery
Promosi Aktif Secara On-line (melalui Website dan E-mail)
Distribusi
Peranan Agen Pembelian Luar Negeri
Pentingnya Pengecer Besar di Australia

Strategi Memasuki Pasar Australia

Strategi pemasaran mencakup antara lain komponen-komponen dari “defensive strategi” yaitu untuk mencegah hilangnya pasar yang sudah ada dan “developing strategies”, yakni menawarkan pasar Australia dengan jenis produk dan jasa yang lebih luas serta kemungkinan adanya ‘attacking strategies” yaitu menciptakan pasar baru untuk konsumen yang belum pernah menggunakan produk Indonesia.
Satu sifat dasar pasar Australia adalah jumlah penduduknya yang relatif kecil (sekitar 20 juta) namun dengan daya beli yang cukup besar (GDP/kapita hampir US$33.000), dengan mayoritas tinggal di daerah beriklim sub-tropis hingga dingin.
Dalam upaya menerobos, mempertahankan dan memperluas pangsa pasar produk Indonesia ke pasar Australia maka strategi yang digunakan didasarkan pada “marketing mix” yang mencakup strategi pemasaran ekspor ke Australia terkait dengan pendekatan 4P yakni Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion) dan Distribusi (Placedistribution), yakni sebagai berikut:

Produk

Beberapa strategi/upaya yang dilakukan dalam hal pendekatan produk adalah:
Survey Pasar dan Identifikasi Selera Konsumen
Pameran produk ekspor Indonesia yang kerap diselenggarakan di Australia seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan selera calon pembeli, baik melalui transaksi jual produk contoh maupun sekedar diskusi sederhana atas produk-produk yang ditawarkannya

Cara Pengemasan Produk

Bentuk dan ukuran kemasan semakin memegang peran penting dalam menarik minat pembeli, selain daripada sebagai pelindung juga sebagai media promosi.

Pemilihan Segmen Pasar

Besar kecilnya margin keuntungan yang akan diperoleh banyak ditentukan oleh segmen pasar mana yang ditargetkan. Seabagai contoh Indonesia sudah cukup kuat dalam ekspor teh dan kopi ke Australia, sehingga upaya yang perlu dilakukan adalah mempertahankan kelangsungan ekspor tersebut di masa-masa mendatang.

Kualitas yang Memuaskan dan Pengiriman Tepat Waktu

Eksportir Indonesia harus dapat memproduksi barangnya dengan kualitas yang cukup tinggi secara konsisten, melakukan pengiriman secara efektif serta sering melakukan komunikasi secara reguler dengan pihak pengimpor.

Harga

Beberapa strategi/upaya yang dilakukan dalam hal pendekatan harga adalah:

Metoda penawaran harga jual

Pihak eksportir Indonesia berskala kecil dan menengah agar menawarkan produknya dengan menggunakan harga FOB, dimana Australia wajib melakukan pembayaran segera setelah produk-produk tersebut dikapalkan. Sedangkan untuk eksportir berskala besar diharapkan mampu untuk membuka kantor perwakilan atau agen di Australia.

Penetapan harga jual

Importir Australia menghendaki harga jual yang lebih rendah dari harga yang ditetapkan oleh produsen lokal. Perlu diperhatikan pula bahwa importir Australia tidak menyukai tawar menawar (bargain). Penetapan harga ekspor harus didasarkan kepada biaya produksi, margin dan target volume ekspor.

Promosi

Beberapa strategi/upaya yang dilakukan dalam hal pendekatan promosi adalah:
Promosi Melalui Media Masa
Pengusaha produk ekspor Indonesia dapat mengiklankan produknya di beberapa media seperti majalah dan surat kabar.

Promosi melalui Pameran Internasional

     Dalam setiap pameran, eksportir dapat memberikan contoh produk (samples) kepada pihak pengimpor.Eksportir yang berpotensi ialah mereka yang siap melakukan perubahan pada kemasan barang tersebut apabila importir menghendaki. Selain itu para importir dapat membicarakan volume minimum permintaan serta waktu pengirimannya.
     Dalam setiap pameran, eksportir dapat memberikan contoh produk (samples) kepada pihak pengimpor.Eksportir yang berpotensi ialah mereka yang siap melakukan perubahan pada kemasan barang tersebut apabila importir menghendaki. Selain itu para importir dapat membicarakan volume minimum permintaan serta waktu pengirimannya.
     Berikut ini ialah beberapa pameran tahunan cukup besar yang diselenggarakan oleh pihak Australia untuk produsen luar negeri (bisa diakses melalui: www.ausexhibit.com.au)importir.


1 komentar: